Monday, July 9, 2007

VivoCity sebagai mall terbaru, terbesar dan termodern Singapura

Bagi yang seneng berbelanja ke singapura ini ada kabar gembira. Baru-baru ini Singapura telah meresmikan mall baru yakni VivoCity. Sebagaimana dikutip Pada Surat kabar Kedaulatan Rakyat

DIRESMIKANNYA VivoCity sebagai mall terbaru, terbesar dan termodern Singapura, November 2006, seolah menambah magnet baru Singapura sebagai surga belanja. Konsep VivoCity sangat menarik, yakni menjadikan kawasan belanja legendaris Orchard Road dalam satu building 3 lantai ke atas 2 lantai basement.

“Artinya para shopper tak perlu konvensional berjalan jauh untuk mendapat barang belanjaan seperti di Orchard Road,” kata Basir Suparti, dari Singapore Tourism Board (STB), akhir Juni lalu. Pusat perbelanjaan VivoCity langsung menjadi ikon baru arsitektur di Singapura yang sangat dibanggakan, berkat desain yang sangat unik dan modern karya arsitek Toyo Ito dari Jepang. Sudah tercatat dalam sejarah, Singapura memiliki kepedulian tinggi pada arsitektur dan konservasi lingkungan.

VivoCity yang diekspose sebagai Singapore’s largest retail, entertainment and lifestyle destination itu, seluruh kawasan didominasi warna hijau muda kombinasi putih tulang. Bentuk bangunan serba lengkung yang menyiratkan keramahan bagi siapa saja yang berkunjung. Tersedia plaza terbuka untuk menikmati udara bebas atau memandang laut, amphitheater, tempat bermain, olahraga, makan dan business meeting.
Konsep kota bawah tanah nampaknya menjadi tujuan lain dari dibangunnya VivoCity. Hal ini bisa dilihat bagian basement yang jauh lebih luas, berisi segala kebutuhan stok pangan dan langsung terhubung dengan monorel ke kawasan lain.

Konon, ‘kota bawah tanah’ ini mulai dipikirkan oleh pemerintah Negeri Singa ini, sebagai salah satu upaya antisipasi bencana alam gempa bumi di kawasan Asia Tenggara. Oleh karena itu, bagian basement atau ‘perut’ Vivocity yang sangat modern itu, bisa diibaratkan bunker raksasa yang mampu menampung ribuan orang.

Satu hal yang menarik, lokasi VivoCity berada di kawasan HarbourFront yakni pelabuhan bagian selatan 20 km dari Batam (Indonesia) dengan jarak tempuh 40 menit saja. Dari HarbourFront, hanya 30 menit mencapai Pulau Sentosa yang tetap menjadi tujuan wisata utama.

Oleh karena itu, sejak diresmikan November 2006 lalu, VivoCity langsung menjadi surga belanja para pelancong dari kawasan selatan (Indonesia dan sekitarnya). Apalagi segala event seperti Singapore Fashion Festival (Maret- April) dan Singapore Great Sale (Mei-Juli) juga banyak dikonsentrasikan di VivoCity ini. “Pada akhir pekan apalagi libur panjang, VivoCity banyak dikunjungi pembelanja yang datang pagi pulang malam hari,” tambah Basir.

Inilah ‘keelokan’ negeri tetangga terdekat kita itu. Orang belum surut keranjingan berbelanja ke sana, namun pemerintah setempat sudah membuat ‘menu baru’ agar orang tak sempat bosan. Agaknya itulah yang menjadikan Singapura selalu leading dalam menyedot wisatawan. Kita pun paham bila kemudian mendengar orang bilang, “Tak ada kata bosan melancong ke Singapura”.



No comments: